INFORMASI "GIZI" TERBARU


LATIHAN + SUSU NONFAT = RAMPING

Siapa bilang minum susu bikin badan gemuk. Anjuran dari American Journals
of Clinical nutrition justru mengatakan mereka yang minum 2 gelas susu rendah lemak setelah olahraga / berlatih dapat mengenyahkan 1 kg lemak dalam 12 minggu. Juga laporan jurnal Obesity Research, bahwa kalsium dalam susu dan asupan kalori terbatas, dapat membantu penurunan berat badan dan perampingan pinggang.

(Sumber : Harian Wawasan 14 Juni 2009)



JUS BUAH SEBELUM FITNESS

Meminum segelas jus jeruk sebelum fitness, dapat "menyumbangkan" energi dalam tubuh anda. Satu gelas jus jeruk segar mengandung 110 kalori dan Vitamin C yang dibutuhkan saat beraktivitas. Selain itu jus yang diminum sebelum latihan akan menunda rasa lapar dikarenakan kandungan jus yang kaya serat sehingga membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Sehingga cara ini dinilai cocok untuk diet penurunan berat badan. Anda tertarik ?? coba konsumsi jus segar sebelum memulai latihan anda, dan rasakan bedanya ...



Teh sebabkan anemia !!

Anda sering memesan teh untuk menemani hidangan anda ketika bersantap di restoran?? Atau anda memiliki kebiasaan minum teh setelah makan? Jangan kaget bila kebiasaan anda ini dapat membuat anda mengalami anemia. Anemia adalah keadaan dimana kadar hemoglobin dalam darah berkurang atau lebih rendah dari nilai normal. Anemia bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kekurangan zat besi (fe). Kurang zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan distribusi oksigen terganggu, termasuk oksigen yang di dalam hemoglobin. Selain itu defisiensi zat besi juga menyebabkan terganggunya produksi sel darah merah dan dapat berakibat pada anemia. Lalu, apa hubungan teh dengan anemia?? yah...teh bisa menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Karena didalam teh mengandung zat yang disebut tanin yang mengikat zat besi dalam saluran pencernaan sehingga tidak bisa diserap oleh tubuh. Keadaan ini dapat mengakibatkan tubuh kekurangan zat besi walaupun asupan sudah mencukupi kebutuhan. Jadi mulai sekarang kurangi kebiasaan minum teh setelah makan !


- Salam Sehat -

2 komentar:

  1. kebiasaan makan terlalu lama juga mengakibatkan kurangnya asupan gizi yang diperlukan. hal ini disebabkan karena respon tubuh lebih cepat dalam merespon rasa kenyang.Masalah ini sering dikeluhkan ibu-ibu karena anak balitanya susah makan. makanan yang disuapkan terlalu lama di"emut" sehingga baru sebentar anak tersebut sudah merasa kenyang dan tidak menghabiskan makanannya.

    BalasHapus
  2. saya mau bertanya tentang susu kedelai? apakah benar susu kedelai itu lebih baik daripada susu sapi? karena yang saya tau susu kedelai itu proteinnya lebih tinggi daripada susu kedelai. apa hanya karena hal itu susu kedelai itu dianggap lebih baik daripada susu sapi?

    BalasHapus